Jumat, 21 November 2014

Be Smart But Nekat

Siang-siang gini enaknya minum es kelapa muda ditemani cewek yang duduk di samping kita dan siap memberikan service spesialnya buat kita. Nah seperti itu yang disebut surga dunia atau bahasa populernya #BahagiaItuSederhana....sederhana ndasmu? Hahaha.

Gue nggak terlalu pandai bahkan memang tak pandai kalau harus berbasa-basi untuk memulai suatu hal. Bahkan kebanyakan kalau gue basa-basi, bisa-bisa gue malah lupa apa yang mau gue omongin. Dan terakhir gue basa-basi sama cewek itu...gue digampar sih. Gimana mau nggak digampar, gue basa-basi pas ada ibu-ibu hamil yang udah mau mbrojol jabang bayinya nanya arah ke rumah sakit, eh gue malah basa-basi, pake modus segala. Jadi ya gue maklumi. Gue maklum digampar, wong mau gue bales ngegampar ada suaminya. Jadi ya maklum aja. Itu namanya apes. Catet!

Nah kali ini gue nggak sengaja lagi nih, keinget masa-masa jadi mahasiswa. Ganteng-ganteng gini gue juga pernah kuliah lho. Asal lo tahu aja, gue kuliah fakultas ekonomi prodi managemen, keren nggak tuh? (Sombong dikit). Padahal fakultas apapun itu nggak bisa dipake bangga-banggaan. Kehidupan kuliah gue mah biasa aja. Berangkat kuliah, duduk, dengerin dosen cerita, dapet tugas, kalo males masuk kelas paling ya bilyart, kalo nggak gitu ya ngecengin ABG di alun-alun kota. Pokoknya wajar kayak mahasiswa lainnya lah. Tapi nggak tahu kenapa temen-temen pas ada tugas kok malah nyuruh gue buat ngerjain. Nggak masalah sih kalau cuman satu orang yang minta tolong, tapi ini hampir setengah dari mahasiswa yang ada di kelas minta tolong supaya tugasnya gue kerjain. Kriting-kriting deh jari gue. Pertama kali sih cuman ucapan "terima kasih Fil!", "thanks ya!", pokoknya semua ucapan makasih dari berbagai negaralah yang gue dapet. Dan gue rela-rela aja asal absen di kelas atas nama gue Ahmad Luthfil Hakim penuh selama satu semester (meskipun gue sendiri jarang masuk kelas) entah cara mereka seperti apa gue nggak peduli. Yang penting absen penuh dan gue bisa ikut ujian.

Nah...waktu itu gue nggak sengaja nih ikut mata kuliah manajemen pemasaran. Nama dosennya aja keren, Pak Syaikhu. Karena lidah-lidah gue sedikit mlenceng, apesnya Pak Syaikhu, namanya di mulut gue jadi Psycho. Hehehe. Tapi gue harus ngucapin banyak terima kasih sama Psycho, karena pas gue nggak sengaja ikut mata kuliahnya, gue jadi tahu mengenai "Barang dan Jasa" dan serba-serbinya. Setelah ini merupakan titik balik gue ketika mengerjakan tugas temen-temen.

Pertama kali kan hanya berupa ucapan terima kasih yang gue dapet dari mereka, padahal gue udah menawarkan jasa bahkan sebenernya mereka sendiri yang meminta jasa gue buat ngerjain tugas. Setelah gue otak-atik nih otak dan semua biaya kelelahan yang gue keluarin setelah ngerjain tugas mereka. Akhirnya gue nemuin rumus sederhana :

Pg/p = Jumlah Anak x Harga Sampoerna Mild

Keterangan :
Pg = Pengorbanan gue
p = Provit
Jumlah Anak = Jumlah temen yang minta tolong ke gue
Harga Sampoerna Mild = Harga standart rokok kesukaan gue
Asumsi : kalau yang minta tolong nggak doyan rokok, maka snack seharga dengan rokok sampoerna mild harus disediakan oleh pihak terkait.

Nah dari rumus sederhana itu, akhirnya gue setiap kali ngerjain tugas mereka, gue dapet banyak keuntungan. Meskipun nggak dapet mentahannya (baca: duit), setidaknya jatah rokokku sampai ada tugas berikutnya selalu tercukupi, bahkan lebih. Dan tak jarang gue juga dapet beberapa makanan yang bagi lidah gue masih terhitung belum pernah nyobain. Pasti kalian bertanya-tanya, apa temen-temen gue nggak merasa terbebani dengan biaya yang dikeluarkan? Gampang aja gue jawabnya, sekarang lebih milih mana antara duit buat jatah rokok gue sama nilai? Hehehe. Kalau nggak mau pake jasa yang gue tawarkan juga nggak masalah, toh sebenernya mereka sendiri yang minta malahan. Gue kan cuman mencoba menjadi manusia normal. Masak capek-capek ngerjain tugas, gue cuman dapet ucapan terima kasih? Nggak etis banget kan? Dia dapet nilai, bahkan kadang IPK mereka lebih bagus ketimbang gue yang jelas-jelas gue yang ngerjain tugasnya. Dan jaman sekarang mana ada orang yang rela begitu aja tanpa ada transaksional ketika dimintai tolong? Ya meskipun masih ada sih. Hehehe. Pokoknya saling pengertian lah, sesama mahasiswa gitu. Yang setuju angkat kutang! (Nah lo?) *end

Jadi itulah sedikit gambaran gue ketika menjabat sebagai mahasiswa. Jadi untuk kamu yang mahasiswa, alangkah baiknya memanfaatkan keadaan yang ada. Ya meskipun harus agak kejam sedikit sih, tapi kan manfaat untuk kedua belah pihak bisa terpenuhi. Seperti lirik lagu lah, "di sini senang, di sana senang". Kalo lo dapet nilai, maka gue juga harus dapet "nilai" juga. So, be smart but nekat. Cayooo. [] masupik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang bijak, selalu meninggalkan jejak =))