Minggu, 20 Juli 2014

RPP, PHP, dan PHPmyadmin



Malam ini aku sendirian, meskipun malam-malam sebelumnya aku juga sendirian. Kesendirianku bukan berarti sendiri secara harfiah. Kesendirianku adalah sebuah langkah yang kuambil karena memang inilah hidupku. Tapi monolog ini tidak akan membahas mengenai kesendirianku. Yang barusan hanya sebuah basa-basi yang terencana.

RPP, PHP, dan PHPmyadmin. Lantas apa hubungannya RPP, PHP, dan PHPmy admin? Bukankah ketiga benda fana itu berbeda dunia, bahkan hampir tak bisa disangkut pautkan (kecuali ada faktor X) meskipun itu dalam lingkup hipotesa penelitian ilmiah? Benar, memang hampir tak bisa disangkut pautkan. Tapi setidaknya mereka memiliki kesamaan, yaitu sesuatu yang fana.
Tapi sebelumnya aku akan sedikit menjelaskan apa itu RPP, PHP, dan PHPmyadmin. Pertama RPP, RPP sendiri adalah singkatan dari Rencana Pelaksanaan Pembelajaran, yang menurut sumber yang saya baca, RPP adalah rencana yang menggambarkan prosedur dan pengorganisasian pembelajaran untuk mencapai satu kompetensi dasar yang ditetapkan dalam standar isi dan silabus. Bagi seorang tenaga pengajar pasti akrab dengan RPP, dan temannya silabus. Itu adalah penjelasan menurut sumber yang saya baca. Sedangkan penjelasan menurutku pribadi, RPP adalah sebuah kertas oret-oretan yang telah disiapkan untuk memudahkan guru ketika mengajar di kelas. Jadi dalam beberapa pertemuan di kelas, seorang guru terfokus dalam satu kompetensi. Itu penjelasan RPP.

Sedangkan PHP adalah singkatan dari Pemberi Harapan Palsu. Bahasa ini menjadi ngetren karena sering dipakai anak-anak gaul. Katanya demikian. Jadi tak ada penjelasan lebih lanjut mengenai PHP ini, karena aku bukan anak gaul. Itu menurutku.
Dan yang terakhir, PHPmyadmin. PHP yang ini berbeda dengan PHP yang di atas. Kalau PHP yang di atas adalah sebuah sikap, sedangkan PHP yang ini adalah sebuah bahasa skrip yang bisa ditanamkan atau disisipkan ke dalam HTML. Gimana mengenai penjelasan dasar barusan? Mudeng apa mubeng? Kalau mudeng berarti hebat, kalau mubeng berarti wajar sebagai manusia normal.

Hubungan dari ketiganya dapat kita ketahuisetelah aku masukkan beberapa faktor Xsaat seorang tenaga pengajar, sedang asyik berpesan-pesanan lewat sebuah sosmed dengan seorang pengangguran yang setiap harinya bergelut dengan web. Dan tokoh penganggurannya sendiri adalah aku.

Jadi saat itu, aku sedang asyik ber-DM (Direct Message) ria dengan salah seorang tenaga pengajar, yang kebetulan adalah temanku. Dan kebetulannya lagi, dia sedang mengerjakan RPP. Dan kebetulannya lagi, dia adalah korban PHP dari cowoknya sendiri. Dan yang lebih kebetulan lagi adalah, saat dia bercerita mengenai PHP-nya, aku sedang berkutat dengan PHPmyadmin-ku. Itulah kenapa RPP, PHP, dan PHPmyadmin, kupertemukan dalam satu monolog absurdku.  Yang sebenarnya itu semua hanya ada di dalam imajinasiku sendiri, yang ingin menggabungkan RPP, PHP, dan PHPmyadmin menjadi sebuah materi monolog barusan. Hehehe.

*aku telah berjanji pada diriku sendiri, setiap tulisanku harus ada pesan moral yang sekiranya bisa diambil pelajaran bagi yang membacanya. So, pesan moral dari monolog yang telah kalian baca ini adalah “bahasa percintaan memang rumit. Tapi jangan salah, di balik kerumitannya masih ada yang lebih rumit, yaitu bahasa pemrograman.” (yang setuju angkat jempol dan masukin jempol ke hidung teman sebelah kalian). [] masupik

Barner Aiendyu []

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pengunjung yang bijak, selalu meninggalkan jejak =))